PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DI KELAS V
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi melalui model pembelajaran Example Non Example pada siswa kelas V di SDN 067240 Medan Tembung. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas VB SDN 067240 Medan tembung. Alat pengumpulan data yang digunakan ialah tes dan observasi. Hasil penelitian menggunakan model pembelajaran Example Non Example untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa pada pre test, siklus I, dan siklus II menunjukkan peningkatan. Nilai rata-rata tes menulis karangan deskripsi pada tes awal 46,26 dengan ketuntasan klasikal 27 %. Pada siklus I nilai rata-rata kelas menjadi 66,73 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 47 %. Pada siklus II meningkatmenjadi nilai rata-ratanya 84,86 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 87 %. Dapat disimpulkan penggunaan model pembelajaran Example Non Example dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas V SDN 067240 Medan Tembung.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.