PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN BANTUAN MEDIA KARTU GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS I
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas I Uptd Sd Negeri 067240 Medan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Bantuan Media Kartu Gambar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yaitu penelitian yang dilakukan di dalam kelas yang bersifat reflektif dan siklis. Penelitian ini menggunakan 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, test dan dokumentasi.Berdasarkan hasil data yang dilakukan dalam penelitian, maka peneliti mengambil kesimpulan bahwa hasil belajar siswa sebelum diberikan perlakuan seluruh siswa masih belum mencapai KKM, yaitu sebanyak 18 siswa belum mencapai nilai KKM sebelum dilakukannya perlakuan dan setelah diberikan perlakuan hasil belajar siswa meningkat yakni 18 siswa memiliki nilai diatas KKM. Pada Awal observasi ditemukan bahwa sebanyak 16 siswa mendapatkan nilai yang belum tuntas dan sebanyak 7 siswa mendapatkan nilai tuntas, sehingga dilakukan siklus berikutnya. Dan pada akhir siklus 2 didapatkan siswa yang mendapatkan nilai tuntas sebayak 18 siswa dan nilai yang tidak tuntas sebanyak 5 siswa sehingga Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar kelas I SD Negeri 067240 Medan.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.