PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Di Sd Swasta Hkbp Tomuan. Setelah mengetahui hasil pretest, perlakuan diberikan kepada siswa dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping. Tahap terakhir dari penelitian adalah posttest, di mana siswa menerima perlakuan berdasarkan model pembelajaran Mind Mapping. Simpulan yang lebih rinci berkaitan dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD SWASTA HKBP TOMUAN sebagai berikut: Data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa sebelum menggunakan model Mind Mapping terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD SWASTA HKBP TOMUAN dikategorikan rendah. Hal ini ditunjukkan dari perolehan hasil belajar siswa yakni kategori tuntas sebanyak 5 siswa dan tidak tuntas sebanyak 20 siswa. Hasil uji N-Gain dapat disimpulkan bahwa model mind mapping berpengaruh terhadap hasil belajar setelah diperoleh nilai N-Gain 0,69 dengan kategori sedang dengan taraf tafsiran efektivitas sebesar 69,81 berkategorikan cukup efektif. Maka hasil belajar IPA kelas V UPTD SD Negeri No.1223365 Jl.Ade Irma Suryani meningkat dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.