IMPLEMENTASI GAMES WORDWALL DALAM MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

  • Kamilah Adriana Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Gelombang I Tahun 2024, Universitas Asahan
  • Ely Syafitri Dosen Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Gelombang I Tahun 2024, Universitas Asahan

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk melihatĀ  peningkatan minat belajar peserta didik dengan penggunaan media pembelajaran interaktif Wordwall problem based learning dalam materi eksponen pada kelas X-3 SMA Negri 4 Kisaran pada semester ganjil tahun pelajaran 2024/2025. Melalui dua siklus penelitian yang melibatkan pengukuran pra dan pasca intervensi, ditemukan peningkatan yang signifikan pada pemahaman konseptual peserta didik kelas X-3 SMA Negeri 4 Kisaran. Selain capaian kognitif yang membaik, Wordwall juga berkontribusi pada peningkatan keterlibatan aktif peserta didik dalam proses pembelajaran serta mendorong terbentuknya suasana kolaboratif di kelas. Hasil analisis kuantitatif memperkuat temuan ini, dengan peningkatan persentase peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar dari 77,14% menjadi 82,85% secara berkelanjutan. Temuan ini mengindikasikan bahwa integrasi teknologi dalam pembelajaran matematika dapat menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar peserta didik.

Published
Jan 2, 2025
How to Cite
ADRIANA, Kamilah; SYAFITRI, Ely. IMPLEMENTASI GAMES WORDWALL DALAM MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana, [S.l.], v. 4, n. 2, jan. 2025. ISSN 2684-7973. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalrectum/article/view/5213>. Date accessed: 22 jan. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalrectum.v4i2.5213.
Section
Articles