PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI BANGUN RUANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada materi bangun ruang. Penelitian ini dilakukan di kelas IX-2 SMP Negeri 2 Kisaran dengan jumlah 30 siswa selama dua siklus. Dengan setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning mampu meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Peningkatan ini ditunjukkan melalui peningkatan skor tes kemampuan pemahaman konsep matematis dengan rata-rata meningkat dari 28 pada Prasiklus menjadi 59 pada siklus I, dan mencapai 81 pada siklus II. Selain peningkatan pemahaman konsep, siswa juga lebih aktif terlibat dalam proses pembelajaran, lebih mampu bekerja secara kolaboratif, dan menunjukkan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi bangun ruang.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.