PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI BANGUN RUANG

  • Setiawati Setiawati Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Gelombang I Tahun 2024, Universitas Asahan
  • Anim Anim Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Gelombang I Tahun 2024, Universitas Asahan
  • Erika Aritonang SMP Negeri 2 Kisaran, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada materi bangun ruang. Penelitian ini dilakukan di kelas IX-2 SMP Negeri 2 Kisaran  dengan jumlah 30 siswa selama dua siklus. Dengan setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning mampu meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Peningkatan ini ditunjukkan melalui peningkatan skor tes kemampuan pemahaman konsep matematis dengan rata-rata meningkat dari 28 pada Prasiklus  menjadi 59 pada siklus I, dan mencapai 81 pada siklus II. Selain peningkatan pemahaman konsep, siswa juga lebih aktif terlibat dalam proses pembelajaran, lebih mampu bekerja secara kolaboratif, dan menunjukkan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi bangun ruang.

Published
Jan 2, 2025
How to Cite
SETIAWATI, Setiawati; ANIM, Anim; ARITONANG, Erika. PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI BANGUN RUANG. JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana, [S.l.], v. 4, n. 2, jan. 2025. ISSN 2684-7973. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalrectum/article/view/5214>. Date accessed: 22 jan. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalrectum.v4i2.5214.
Section
Articles