UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS 1 MENGGUNAKAN PAPAN PLANEL
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menggunakan papan planel sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa di kelas 1. Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang menggunakan model siklus Kemmis dan Taggart, yang terdiri dari observasi, refleksi, pelaksanaan tindakan, dan perencanaan, digunakan. Siswa kelas satu di UPT SDN 064974 Medan Tembung adalah subjek penelitian. Untuk mendapatkan data, observasi dan evaluasi dilakukan sebelum dan sesudah tindakan. Hasil penelitian ini merekomendasikan penggunaan papan planel sebagai alat bantu dalam pengajaran membaca di kelas awal karena nilai membaca rata-rata siswa meningkat dari 60,41 pada pra siklus menjadi 85,5 pada siklus kedua, dan persentase ketuntasan belajar meningkat dari 30% menjadi 91%
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.