UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS 1 MENGGUNAKAN PAPAN PLANEL

  • Fitri Auliah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia
  • Hotma Siregar Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menggunakan papan planel sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa di kelas 1. Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang menggunakan model siklus Kemmis dan Taggart, yang terdiri dari observasi, refleksi, pelaksanaan tindakan, dan perencanaan, digunakan. Siswa kelas satu di UPT SDN 064974 Medan Tembung adalah subjek penelitian. Untuk mendapatkan data, observasi dan evaluasi dilakukan sebelum dan sesudah tindakan. Hasil penelitian ini merekomendasikan penggunaan papan planel sebagai alat bantu dalam pengajaran membaca di kelas awal karena nilai membaca rata-rata siswa meningkat dari 60,41 pada pra siklus menjadi 85,5 pada siklus kedua, dan persentase ketuntasan belajar meningkat dari 30% menjadi 91%

Published
Jan 3, 2025
How to Cite
AULIAH, Fitri; SIREGAR, Hotma. UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS 1 MENGGUNAKAN PAPAN PLANEL. JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana, [S.l.], v. 4, n. 2, jan. 2025. ISSN 2684-7973. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalrectum/article/view/5218>. Date accessed: 22 jan. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalrectum.v4i2.5218.
Section
Articles