PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SPLDV
Abstract
Berdasarkan hasil belajar yang merupakan perubahan yang sedang berlangsung pada diri seorang siswa setelah ia memperoleh pengalaman belajar. Pada artikel akan menjelaskan mengenai hasil dari penelitian dalam bentuk tindakan kelas yang tujuan dari penelitian ini dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika. Subjek dari penelitian ini yaitu peserta didik yang berada dikelas IX-1. Pada penelitian ini tahapan yang dilakukan terdiri dari 2 siklus dengan dilakukan menjadi beberapa pertemuan pada setiap siklusnya dengan banyak pertemuan yang sama pada tiap siklusnya. Hasil dari penelitian yang dilakukan memperlihatkan adanya dampak dari diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berupa meningkatnya hasil belajar peserta diidk pada amteri SPLDV dikelas IX-1. Hasil dari tes yang dilakukan dalam mengetahui besarnya dari peningkatan hasil belajar peserta didk yaitu dari adanya hasil tes pratindakan hanya sebesar 19% menjadi 56% pada siklus I dan kembali mengalami peningkatan menjadi 88% pada siklus II yang mana telah mencapai yang sesuai dengan standar pencapaian. Penelitian yang dilakukan ini disarankan dapat menjadi landasan guru dalam memiliki model pembelajaran yang sesuai dengan dari kebutuhan peserta didik yang membantu peserta didik dalam proses pembelajaran untuk menjadi lebih aktif dan dapat lebih kritis dalam menyelesaiakan permasalahan yang berkaitan dengan materi sehingga dapat diterapkan pada kehidupan sehari-hari.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.