PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DENGAN MATERI PETA PADA KELAS IV UPTD SD NEGERI 125543 PEMATANG SIANTAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan dan mengetahui peningkatan hasil belajar IPAS Siswa Kelas IV UPTD SD Negeri 125543 Pematang Siantar menggunakan model pembelajaran Make a match. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas,dengan prosedur yang terdiri dari Siklus 1 dan Siklus 2. Setiap Siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah Kelas IV UPTD SD Negeri 125543 Pematang Siantar yang terdiri dari 21 siswa, meliputi 14 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes terdiri dari 20 soal pilihan berganda. Teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Persentase ketuntasan belajar pada siklus 1 sebesar 66,67, dan meningkat pada siklus 2 sebesar 85,71. Dari data tersebut dapat disimpulkan terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas IV UPTD SD Negeri 125543 Pematang Siantar dengan menerapkan Model Pembelajaran Make a Match pada materi “Peta”.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.