PENGARUH MEDIA EXPLODING BOX POP UP 3D TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 5 SUBTEMA 1

  • Yusniar Pasaribu Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakutas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univesitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Radode Kristianto Simarmata Fakutas Keguruan Dan Imu Pengetahuan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Eva Pasaribu Fakutas Keguruan Dan Imu Pengetahuan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media Exploding Box Pop Up 3D terhadap hasil belajar siswa kelas III pada pembelajar tematik di UPTD SD Negeri 124386. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dan guru kurang menggunakan media pembelajaran yang bervariasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, desain Pre-Eksperimen Design dengan menggunakan One Group Pretest-Posttest. Sampel pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas III UPTD SD Negeri 124386 yang berjumlah 25 siswa. Instrumen dalam penelitian ini berupa dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan t_hitung= 3.049 dan t_tabel = 2.063. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa t_hitung>t_tabel yaitu 3.049 > 2.063. Hal ini berarti H_(a )diterima maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan media Exploding Box Pop Up 3D terhadap hasil belajar siswa kelas III pada pembelajaran tematik Tema 5 Subtema 1 di UPTD SD Negeri 124386 Pematangsiantar T.A 2023/2024.

Published
Jan 8, 2025
How to Cite
PASARIBU, Yusniar; SIMARMATA, Radode Kristianto; PASARIBU, Eva. PENGARUH MEDIA EXPLODING BOX POP UP 3D TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 5 SUBTEMA 1. JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana, [S.l.], v. 4, n. 2, jan. 2025. ISSN 2684-7973. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalrectum/article/view/5245>. Date accessed: 22 jan. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalrectum.v4i2.5245.
Section
Articles