PENGARUH MEDIA EXPLODING BOX POP UP 3D TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 5 SUBTEMA 1
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media Exploding Box Pop Up 3D terhadap hasil belajar siswa kelas III pada pembelajar tematik di UPTD SD Negeri 124386. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dan guru kurang menggunakan media pembelajaran yang bervariasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, desain Pre-Eksperimen Design dengan menggunakan One Group Pretest-Posttest. Sampel pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas III UPTD SD Negeri 124386 yang berjumlah 25 siswa. Instrumen dalam penelitian ini berupa dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan t_hitung= 3.049 dan t_tabel = 2.063. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa t_hitung>t_tabel yaitu 3.049 > 2.063. Hal ini berarti H_(a )diterima maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan media Exploding Box Pop Up 3D terhadap hasil belajar siswa kelas III pada pembelajaran tematik Tema 5 Subtema 1 di UPTD SD Negeri 124386 Pematangsiantar T.A 2023/2024.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.