PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII

  • Wina Nasution Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Junifer Siregar Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Marlina Agkris Tambunan Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Jumaria Sirait Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Immanuel B.D Silitonga Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menujukkan Pengaruh Media Pembelajaran Powtoon  Terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 7 Pematangsiantar. Jenis penelitian ini termasuk penelitian true exprimental design (Pretest-Postest Control Group Design). Berdasarkan data yang telah diperoleh serta pengujian hipotesis yang telah dilakukan, maka diambil kesimpulan Data hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil tes kemampuan menulis teks deskripsi siswa pada kelompok yang menggunakan media pembelajaran powtoon lebih besar dibandingkan rata-rata hasil tes pada kelas konvensional. Hasil pengujian perbedaan rata-rata juga menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan menulis teks deskripsi siswa pada dua kelompok kelas eksperimen dan kontrol. Jika berdasarkan data hasil tes, rata-rata hasil tes kelompok eksperimen lebih besar dibanding kelompok kontrol, maka dapat diambil kesimpulan kemampuan menulis teks deskripsi siswa yang menggunakan media pembelajaran powtoon lebih baik dibandingkan kelas konvensional.Kemampuan menulis teks deskripsi siswa pada kelas yang menggunakan media pembelajaran powtoon memperoleh t-hitung 5,89, sedangkan kelas kontrol hanya memperoleh t-hitung 5,34. Dari hasil ini maka diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan menulis teks deskripsi siswa yang menggunakan media pembelajaran powtoon lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Pada uji sample t-test, dikatakan bahwa nilai signifikasi kurang dari 0,05. Hasil uji-t menyatakan statistik nilai kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, sehingga diartikan bahwa terdapat perbedaan kemampuan menulis teks deskripsi siswa pada dua kelompok kelas eksperimen dan kontrol.

Published
Jan 10, 2025
How to Cite
NASUTION, Wina et al. PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII. JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana, [S.l.], v. 4, n. 2, jan. 2025. ISSN 2684-7973. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalrectum/article/view/5255>. Date accessed: 22 jan. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalrectum.v4i2.5255.
Section
Articles