PEMAKNAAN CANTIK DALAM IKLAN WARDAH #AKUWAJAHINDONESIA
Abstract
Standar kecantikan menjadi polemik yang diperbincangkan oleh kaum hawa, khususnya masyarakat Indonesia. Banyak wanita yang membatasi diri karena tidak percaya diri dengan kecantikannya dan khawatir dengan pandangan orang lain terhadap dirinya. #AkuWanitaIndonesia versi Wardah berupaya untuk mengubah pandangan tentang kecantikan dari sekedar dilihat dari fisik, karena berbeda itu unik dan keunikan itu adalah kecantikan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami makna kecantikan dalam iklan Wardah versi #AkuWajahIndonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif interpretatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dengan cara menonton iklan wardah dan menentukan makna yang menggambarkan makna cantik. Hasil penelitian dalam iklan wardah versi #AkuWajahIndonrsia menggambarkan bahwa setiap wanita itu berbeda dan cantik dengan perbedaan tersebut. Karena Indonesia memiliki kecantikan yang beragam, tidak hanya sebatas standar kecantikan yang dikedepankan di media, meskipun aku bermata sipit, berkulit gelap bukan berarti aku tidak cantik Setiap wanita bebas berkarya dan percaya diri, Karena akulah wajah Indonesia.