PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI TRANSFORMASI FUNGSI
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) telah dilakukan pada 32 peserta didik kelas XII-5 SMA Negeri 3 Kisaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis (KPMM). Data penelitian dikumpulkan melalui berbagai instrumen seperti RPP, LKPD, serta lembar pengamatan dan tes Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis (KPMM) peserta didik. Indikator KPMM yang digunakan meliputi kemampuan memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian, dan menafsirkan hasil yang diperoleh. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat tahap utama: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Skor rata-rata KPMM meningkat dari 68,72 pada siklus I menjadi 79,90 pada siklus II, menunjukkan bahwa penerapan model PBL efektif dalam meningkatkan KPMM peserta didik kelas XII-5 SMA Negeri 3 Kisaran.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.