PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI KELAS XI
Abstract
Penelitian ini betujuan untuk melihat Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Fungsi Komposisi Kelas Xi Smk Swasta Gkpi-1 Pematangsiantar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif metode eksperimen. Penelitian kuantitatif merupakan penelitian yang bersifat objektif dalam pengumpulan data, analisis data kuantitatif serta pengujian menggunakan motode statistik. Penelitian ini akan dilaksanakan pada kelas XI SMK Swasta GKPI-1 Pematangsiantar di JL.D.I Pandjaitan No. 47 NH Kec. Siantar Marimbun Kota Pematangsiantar Prov. Sumatera Utara. Teknik sampling yang peneliti gunakan untuk penentuan sampel pada penelitian ini adalah cluster random sampling. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi fungsi komposisi kelas XI SMK Swasta GKPI-1 Pematangsiantar. Pengaruh tersebut ditunjukkan dari nilai korelasi antar variabel (R) sebesar 0,895 dan persamaan Y ̂=-6,506+0,822X dengan nilai b=0,822. Dengan melalui uji-t diperoleh t_tabel>t_hitung=10,421>2,052 menunjukkan pengaruh yang signifikan dan koefisien determinasi menunjukkan terdapat pengaruh yang positif sebesar 80,1%
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.