PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN GAME-BASED LEARNING (GLB) DALAM PEMBELAJARAAN PKN PADA SISWA KELAS V
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapaan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran PKn. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tingkat Kelas (PTK) dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 122350 yang terdiri dari 20 siswa . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Alat yang digunakan adalah formulir observasi aktivitas guru, formulir observasi aktivitas siswa dan formulir tes kemampuan berpikir kritis siswa yang terdiri dari empat jurusan yaitu klasifikasi, tahap assesmen, inferensi dan strategi. Analisis data dilakukan dengan menggunkan analisis deskriptif,yaitu teknik analisis data dengan membandingkan pra siklus, Siklus I dan Siklus II. Indikator prestasi siswa 80% dengan ketuntasan ≥ 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode games-based learning meningkatkan prestasi belajar siswa secara signifikan. Pada siklus l, tingkat ketuntasan mencapai 35% dengan rata-rata nilai 60, yang mendindikasikan hasil belajar belum memenuhi target. Pada siklus ll, dilakukan perbaikan melalui pengelolaan kuis interaktif yang lebih efektif, melibatkan elemen kompetensi dan penghargaan untuk meningkatkan motivasi siswa.Hasilnya, tingkat ketuntasan meningkat signifikan menjadi 85% dengan rata-rata nilai 83. Observasi menunjukkan bahwa siswa lebih termotivasi daan terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Kesimpulan penelitian ini adalah metode pembelajaran game-based learning berbasis kuis interaktif terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar PKn dan motivasi siswa. Metode ini dapat diimplementasikan sebagai inovasi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan.