PENGABDIAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN MINAT BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN TEKNIK GUESSING GAMES DI DESA BAMBU MAS

  • Fiber Yun Almanda Ginting Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Katolik Santo Thomas Medan, Indonesia
  • Suci Jiwani Sinamo Universitas Katolik Santo Thomas Medan, Indonesia
  • Binaria Juliana Simamora Universitas Katolik Santo Thomas, Indonesia
  • Eska Agustinus Sihotang Universitas Katolik Santo Thomas Medan, Indonesia

Abstract

Penguasaan Bahasa Inggris merupakan salah satu skill yang begitu penting dalam era globalisasi ini dan minat dalam mempelajarinya adalah salah satu hal penting yang harus ditumbuhkan sejak kecil.  Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk Meningkatkan Minat Bahasa Inggris Dengan Menggunakan Teknik Guessing Games di Desa Bambu Mas. Program ini diinisiasi untuk membantu masyarakat khususnya anak anak di Desa Bambu Mas untuk meningkatkan minat dalam belajar Bahasa Inggris guna tuntutan jaman. Kegiatan pengabdian ini melibatkan serangkaian sesi pelatihan dan permainan guessing games yang dirancang untuk membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan dan interaktif. Metode ini dipilih karena dapat meningkatkan partisipasi aktif dan keterlibatan anak-anak dalam proses belajar. Evaluasi program dilakukan melalui observasi langsung untuk mengukur perubahan minat dan motivasi belajar. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan dalam minat belajar bahasa Inggris setelah mengikuti kegiatan ini. Program ini menunjukkan bahwa teknik guessing games efektif dalam memacu meningkatkan minat belajar bahasa Inggris dan dapat direplikasi di komunitas lain dengan karakteristik serupa

Published
Jan 21, 2025
How to Cite
GINTING, Fiber Yun Almanda et al. PENGABDIAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN MINAT BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN TEKNIK GUESSING GAMES DI DESA BAMBU MAS. JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana, [S.l.], v. 4, n. 2, jan. 2025. ISSN 2684-7973. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalrectum/article/view/5355>. Date accessed: 22 jan. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalrectum.v4i2.5355.
Section
Articles