PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIF INTEGRATED READING AND COMPOSITION) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS IX

  • Lili Lia Selawani Purba Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakutas Keguruan Dan Imu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Marlina Agkris Tambunan Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakutas Keguruan Dan Imu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Immanuel Doclas Belmondo Silitonga Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakutas Keguruan Dan Imu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Jumaria Sirait Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakutas Keguruan Dan Imu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Vita Riahni Saragih Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakutas Keguruan Dan Imu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Pengaruh Model Pembelajaran Circ (Cooperatif Integrated Reading And Composition) Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas Ix Smp Swasta Teladan  Pematangsiantar T.A 2024/2025. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Dalam penelitian, populasi dan sampel memilii perbedaan yang mendasar baik dalam penelitian kuantitatif maupun kualitatif terlihat dalam  jumlah dan data yang didapat.  populasi adalah keseluruhan objek atau subjek yang diteliti yaitu seluruh siswa kelas IX SMP Teladan Pematngsiantar. Berdasarkan data yang telah diperoleh serta pengujian hipotesis yang telah dilakukan oleh peneliti, maka diambil kesimpulan sebagai berikut :Berdasarkan Skor hasil nilai pada aspek penilaian menulis cerita pendek sebelum diterapkan model (Cooperative Integrated Reading and Composition) yang tertinggi sampai yang terendah yaitu yaitu isi 29,8%, kesesuaian judul 22,06%, keruntutan teks  21,13%, bahasa 20,8%, , mekanik/tanda baca 6,2 %.  Dengan skor rata-rata keterampilan menulis cerita pendek sebelum menggunakan model CIRC adalah 50 yakni 3 siswa mendapat nilai 65-79 (10,01%) dengan tingkat kemampuan sedang, dan 5 siswa mendapat nilai 55-64 (16,66%) dengan tingkat kemampuan rendah dan 22 siswa mendapat nilai 0-54 (73,33)% dengan tingkat kemampuan sangat rendahKeterampilan menulis cerita pendek  sesudah menggunakan model CIRC yaitu 6 siswa mendapat nilai 80-89 (20%) dengan tingkat kemampuan tinggi dan 24 siswa mendapat nilai 65-79 (80 %) dengan tingkat kemampuan sedang. Hasil persentase yang tertinggi sampai terendah sesudah menggunakan model CIRC yaitu isi 27,45%, kesesuaian judul 21,53%, keruntutan teks 21,80%, bahasa  24,03 %, mekanik/tanda baca 5,16%. Dari analisis yang sudah dilakukan dan sudah teruji secara statistik bahwa th lebih besar dari tt (4,98 > 1,69) menyebabkan H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model CIRC terhadap kemampuan menulis cerita pendek kelas IX SMP Swasta Teladan Pematangsiantar

Published
Dec 31, 2024
How to Cite
PURBA, Lili Lia Selawani et al. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIF INTEGRATED READING AND COMPOSITION) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS IX. JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana, [S.l.], v. 4, n. 2, dec. 2024. ISSN 2684-7973. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalrectum/article/view/5364>. Date accessed: 22 jan. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalrectum.v4i2.5364.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)