PEMECAHAN MASALAH PEMBELAJARAN IPA DI SD MATERI WUJDU BENDA

  • Yadi Heryadi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Setia Budhi Rangkasbitung, Indonesia
  • Ratih Rahmawati Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Setia Budhi Rangkasbitung, Indonesia
  • Mira Mira Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Setia Budhi Rangkasbitung, Indonesia
  • Yeti Nurlatipah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Setia Budhi Rangkasbitung, Indonesia
  • Sigit Susetiadi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Setia Budhi Rangkasbitung, Indonesia
  • Mohamad Angga Bahrul Rizki Nur Ramadhan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Setia Budhi Rangkasbitung, Indonesia
  • Rena Melani Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Setia Budhi Rangkasbitung, Indonesia
  • Nurlela Nurlela Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Setia Budhi Rangkasbitung, Indonesia
  • Nadiva Nadiva Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Setia Budhi Rangkasbitung, Indonesia
  • Nur Afwah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Setia Budhi Rangkasbitung, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar IPA siswa kelas 3 SD ISLAM AL-HUSNA. Peneliti menggunakan  metode kualitatif. Instrumen dalam penelitian ini adalah kuisioner dan  wawancara. Penelitian ini dilaksanakan di SD ISLAM AL-HUSNA kepada siswa kelas 3 semester 1 tahun ajaran 2023/2024. Hasil penelitian yang didapat oleh peneliti dalam penelitian ini bahwa kesulitan belajar IPA yang dialami siswa kelas 3 SD ISLAM AL-HUSNA yaitu materi wujud benda. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan yang dialami siswa adalah karena siswa tidak dapat melihat bentuk secara langsung,  mereka kurang memahami isi pelajaran dengan jelas.

Published
Dec 23, 2024
How to Cite
HERYADI, Yadi et al. PEMECAHAN MASALAH PEMBELAJARAN IPA DI SD MATERI WUJDU BENDA. JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 952-963, dec. 2024. ISSN 2684-7973. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalrectum/article/view/5470>. Date accessed: 23 feb. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalrectum.v4i2.5470.
Section
Articles