PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 091273 KARANG BANGUN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 091273 Karang Bangun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen karena memiliki tujuan untuk mengetahui keefektifan suatu konsep/teori/ model dengan cara menerapkan perlakuan suatu kelompok menjadi subjek penelitian. Jenis desain dalam metode eksperimen ini adalah pre-experimental dengan rancangan menggunakan penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini akan dilaksanakan di SD Negeri 091273 Karang Bangun. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa hasil kajian penelitian yang telah diseleksi berdasarkan kriteria yang telah ditentukan bahwa berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap hasil belajar kognitif siswa pada kelas V SD Negeri 091273 Karang Bangun dan setelah dilaksanakan penelitian terdapat pengaruh uji N-Gain yang menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-gain Skor siswa kelas V SD Negeri 091273 Karang Bangun yaitu sebesar 0,6597. Hasil uji N-gain tersebut masuk dalam kategori sedang. Maka berdasarkan hasil uji tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 091273 Karang Bangun