PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA ANAK PADA SISWA KELAS IV UPTD SD NEGERI 125543 PEMATANGSIANTAR

  • Silvani Nainggolan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Radode Kristianto Simarmata Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Natalina Purba Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Animasi Audio Visual Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Anak Pada Siswa Kelas Iv Uptd  Sd Negeri 125543 Pematangsiantar. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian Kuantitatif dengan pendekatan Pre-Experimental Design bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Disini peneliti menggunakan seluruh siswa kelas IV dengan jumlah 21 siswa di UPTD SD Negeri 125543 Pematangsiantar. Maka sampel yang akan dilakukan pada penelitian ini adalah Nonprobality Sampling, dan semua populasi yang akan diteliti. Banyak siswa pada penelitian di UPTD SD Negeri 125543 Pematangiantar yang berjumlah 21 orang terdiri dari 14 laki-laki dan 7 perempuan. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis maka dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh Penggunaan Media Animasi Audio Visual Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Anak Siswa Kelas IV UPTD SD Negeri 125543 Pematangsiantar. Hal ini terlihat  pada uji t bahwa thitung = 11.167  > ttabel = 1.72913  jika thitung  > ttabel maka Ho di tolak dan H1 diterima, yang berarti hipotesis dalam penelitian ini diterima. Selain itu pada saat observasi, siswa menjadi lebih aktif dan antusias dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran dibandingkan dengan proses pembelajaran yang tanpa menggunakan media pembelajaran

Published
Dec 22, 2024
How to Cite
NAINGGOLAN, Silvani; SIMARMATA, Radode Kristianto; PURBA, Natalina. PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA ANAK PADA SISWA KELAS IV UPTD SD NEGERI 125543 PEMATANGSIANTAR. JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana, [S.l.], v. 4, n. 2, dec. 2024. ISSN 2684-7973. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalrectum/article/view/5475>. Date accessed: 23 feb. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalrectum.v4i2.5475.
Section
Articles