PENGEMBANGAN SIKAP TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS IV

  • Melisa Nur Asima Sidabutar Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Efarina, Indonesia
  • Vina Veolenta Sinaga Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Efarina, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Pengembangan Sikap Tanggung Jawab Peserta Didik Melalui Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas Iv Uptd Sdn 122380 Pematangsiantar. Dalam penelitian ini, populasi terdiri dari seluruh siswa di SDN 122380 Pematangsiantar, yang berjumlah 163 orang pada tahun ajaran 2023/2024. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 25 siswa kelas IV di SDN 122380 Pematangsiantar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dalam tahap pengumpulan data, penelitian ini menggunakan tiga teknik, yaitu teknik wawancara, teknik kuisioner atau angket, dan teknik tes. Berdasarkan dari hasil yang telah diperoleh peneliti, maka dapat diketahui ada keberhasilan dan hambatan yang ditemukan peneliti dalam pengembangan sikap tanggung jawab peserta didik melalui pendidikan karakter pada mata pelajaran PPKn kelas 4 di UPTD SDN 122380 Pematangsiantar.

Published
Feb 6, 2025
How to Cite
SIDABUTAR, Melisa Nur Asima; SINAGA, Vina Veolenta. PENGEMBANGAN SIKAP TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS IV. JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 977-1004, feb. 2025. ISSN 2684-7973. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalrectum/article/view/5485>. Date accessed: 23 feb. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalrectum.v4i2.5485.
Section
Articles