IMPLEMENTASI METODE DISKUSI KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN

  • Selamat Karo-Karo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui implementasi metode diskusi kelompok terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen di Kelas IX SMP Negeri 1 Pulau Rakyat Asahan, dan mengetahui apakah implementasi metode diskusi kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen di Kelas IX SMP Negeri 1. Disain dalam penelitian ini adalah melibatkan satu kelas yaitu kelasdengan menggunakan metode ceramah yang diberi perlakuan dengan metode diskusi kelompok.Untuk mengetahui hasil belajar Pendidikan Agama Kristen, dilakukan dengan memberikan test sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan:1) Metode diskusi kelompok pada  mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen siswa kelas IX SMP Negeri 1 Pulau Rakyat  cenderung Cukup (60%), 2) Hasil belajar siswa pada Kelas IX SMP Negeri 1 Pulau Rakyat Asahan cenderung tinggi (70%), dan 3) Implementasi metode diskusi kelompok sangat baik diimplementasi kan karena dengan  implementasi metode diskusi kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen. Dari perhitungan diperoleh th = 5,667 sedangkan tt dengan N = 50 pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05) sebesar 2,01 dari itu dapat dilihat thitung lebih besar dari harga ttabel (th > tt) yaitu: 5,667 > 2,01  bahwa Ha diterima artinya koefisien analisis jalur berpengaruh. Hal ini dapat dinyatakan bahwa Metode Diskusi Kelompok (X) dapat meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Y).

Published
Feb 4, 2022
How to Cite
KARO-KARO, Selamat. IMPLEMENTASI METODE DISKUSI KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN. JURNAL PENDIDIKAN RELIGIUS, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 1-14, feb. 2022. ISSN 2686-5459. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalreligi/article/view/1302>. Date accessed: 21 nov. 2024.
Section
Articles