EFEKTIVITAS METODE TANYA JAWAB DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN

  • Novita Romauli Saragih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat atau tidak efektivitas metode tanya jawab terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Kristen kelas VIII SMP Negeri 1 Pulau Rakyat Asahan T.A. 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas VIII-2 yang berjumlah 25 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus dengan langkah perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan dan refleksi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Hal yang diamati pada saat pelaksanaan tindakan kelas adalah aktivitas siswa yang berkenaan dengan: memperhatikan, menulis, bertanya, menjawab dan memberi tanggapan. Bentuk tes yang digunakan yaitu tes objektif pilihan berganda (multiple choice test) dengan 5 options dan berjumlah 20 soal. Sebelum tes digunakan, terlebih dahulu diujicobakan ke kelas yang berbeda untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda test. Hasil penelitian menunjukkan Persentase rata-rata aktivitas belajar siswa Pada siklus I yaitu 65% meningkat sekitar 10,01% di siklus II menjadi 75,01%. Selain itu, Tingkat Tuntas Belajar Klasikal siswa yang pada awal test adalah 10,05% meningkat sekitar 38,15% pada siklus I menjadi 57,92% dan kembali meningkat di siklus II sebanyak 63,27% menjadi 100%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode bervariasi dalam materi Pendidikan Agama Kristen pada kelas VIII SMP Negeri 1 Pulau Rakyat Asahan

Published
Feb 4, 2022
How to Cite
SARAGIH, Novita Romauli. EFEKTIVITAS METODE TANYA JAWAB DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN. JURNAL PENDIDIKAN RELIGIUS, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 43-56, feb. 2022. ISSN 2686-5459. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalreligi/article/view/1306>. Date accessed: 22 dec. 2024.
Section
Articles