HUBUNGAN PENDIDIKAN IMAN DALAM KELUARGA DENGAN HASIL BELAJAR PAK SISWA KELAS XI DI SMK SWASTA SWAKARYA TANJUNG LANGKAT T.A. 2021/2022

  • Pardamean Malau

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan pendidikan iman dengan hasil belajar PAK siswa kelas XI di SMK Swasta Swakarya Tanjung Langkat 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional dengan subjek penelitian siswa kelas XI di SMK Swasta Swakarya Tanjung Langkat  2021/2022. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Swasta Swakarya Tanjung Langkat Kabupaten Langkat  2020-2021, sebanyak 100 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI-1 sebagai kelas Eksperimen yang diajarkan dengan metode demonstrasi dan kelas XI-2 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan metode pembelajaran langsung (konvensional). Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan adalah: adanya hubungan yang signifikan secara simultan antara metode pendidikan iman dalam keluarga dengan hasil belajar siswa pada kelas XI Di SMK Swasta Swakarya Tanjung Langkat  2021/2022, hal ini telihat dari data yang menunjukan rhitung (0,970 lebih besar dari pada rtabel (0,279) pada taraf signifikan 5%, atau dapat diformulasikan sebagai 0,970 > 0,279. Jika dilihat dari tabel interpretasi “r” product moment rhitung (0,770) terletak pada titik 0,70-0,90, maka dapat dikatakan mempunyai hubungan yang kuat dan tinggi atau hubungan yang signifikan.

Published
Feb 4, 2022
How to Cite
MALAU, Pardamean. HUBUNGAN PENDIDIKAN IMAN DALAM KELUARGA DENGAN HASIL BELAJAR PAK SISWA KELAS XI DI SMK SWASTA SWAKARYA TANJUNG LANGKAT T.A. 2021/2022. JURNAL PENDIDIKAN RELIGIUS, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 57-66, feb. 2022. ISSN 2686-5459. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalreligi/article/view/1307>. Date accessed: 05 nov. 2024.
Section
Articles