HUBUNGAN PENDIDIKAN IMAN DALAM KELUARGA DENGAN HASIL BELAJAR PAK SISWA KELAS XI DI SMK SWASTA SWAKARYA TANJUNG LANGKAT T.A. 2021/2022
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan pendidikan iman dengan hasil belajar PAK siswa kelas XI di SMK Swasta Swakarya Tanjung Langkat 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional dengan subjek penelitian siswa kelas XI di SMK Swasta Swakarya Tanjung Langkat 2021/2022. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Swasta Swakarya Tanjung Langkat Kabupaten Langkat 2020-2021, sebanyak 100 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI-1 sebagai kelas Eksperimen yang diajarkan dengan metode demonstrasi dan kelas XI-2 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan metode pembelajaran langsung (konvensional). Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan adalah: adanya hubungan yang signifikan secara simultan antara metode pendidikan iman dalam keluarga dengan hasil belajar siswa pada kelas XI Di SMK Swasta Swakarya Tanjung Langkat 2021/2022, hal ini telihat dari data yang menunjukan rhitung (0,970 lebih besar dari pada rtabel (0,279) pada taraf signifikan 5%, atau dapat diformulasikan sebagai 0,970 > 0,279. Jika dilihat dari tabel interpretasi “r” product moment rhitung (0,770) terletak pada titik 0,70-0,90, maka dapat dikatakan mempunyai hubungan yang kuat dan tinggi atau hubungan yang signifikan.