HUBUNGAN METODE TANYA JAWAB GURU TERHADAP MINAT BELAJAR KELAS VII SMP 1 PULAU RAKYAT ASAHAN

  • Eni Mariani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan metode tanya jawab dengan minat belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pulau Rakyat Asahan 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pulau Rakyat Asahan yang terdiri dari 6 (enam) kelas yaitu:  VII-1, VII-2, VII-3, VII-4, VII-5, dan VII-6 yang beragama kristen sejumlah 50 orang. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 50 orang yang diambil dari  siswa kelas VII-1 sebanyak 27 siswa dan siswa kelas VII-2 sebanyak 23 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, dokumentasi dan wawancara. Angket yang digunakan sebanyak 33 butir soal dengan 5 (lima) option pilihan jawaban, pemberian nilai untuk setiap jawaban nilai yang diberikan yaitu:  a. Selalu dengan nilai 5, b. Sering dengan nilai 4, c. Kadang-kadang dengan nilai 3, d. Jarang dengan nilai 2, dan e. Tidak Pernah dengan nilai 1. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan, bahwa ada hubungan signifikan secara simultan antara metode tanya jawab dengan minat belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pulau Rakyat Asahan  2021/2022, hal ini telihat dari data yang menunjukan rhitung (0,770 lebih besar dari pada rtabel (0,279) pada taraf signifikan 5%, atau dapat diformulasikan sebagai 0,770 > 0,279. Jika dilihat dari tabel interpretasi “r” product moment rhitung (0,770) terletak pada titik 0,70-0,90, maka dapat dikatakan mempunyai hubungan yang kuat dan tinggi atau hubungan yang signifikan. 

Published
Feb 4, 2022
How to Cite
MARIANI, Eni. HUBUNGAN METODE TANYA JAWAB GURU TERHADAP MINAT BELAJAR KELAS VII SMP 1 PULAU RAKYAT ASAHAN. JURNAL PENDIDIKAN RELIGIUS, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 67-80, feb. 2022. ISSN 2686-5459. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalreligi/article/view/1308>. Date accessed: 21 nov. 2024.
Section
Articles