HUBUNGAN AKTIVITAS SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DENGAN KEDISIPLINAN GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI 1 PAGARAN T.A. 2017/2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan
supervisi kepala sekolah dengan kedisiplinan guru dalam pelaksanaan
pembelajaran di SMK Negeri 1 Pagaran T.A. 2017/2018. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh guru di SMK Negeri 1 Pagaran T.A. 2017/2018
sebanyak 40 orang dengan pengambilan sampel dilakukan secara total.
Untuk menjaring data aktivitas supervisi kepala sekolah dilakukan melalui
angket dan dari data diperoleh kategori aktivitas supervisi kepala sekolah
pada kategori sangat rendah = 1 orang ( 2,5% ), kategori rendah = 4 orang
(10%), kategori sedang = 15 orang (37,5%), kategori cukup tinggi = 16 orang
(40%), kategori tinggi = 4 orang (10%), kategori sangat tinggi tidak ada ( 0% )
Maka dengan demikian tingkat kecenderungan pada aktivitas supervisi
kepala sekolah (X) dikategorikan cukup tinggi. Dari data uji tingkat
kecenderungan pada kedisiplinan guru dalam pelaksanaan pembelajaran di
SMK Negeri 1 Pagaran T.A. 2017/2018 pada kategori sangat rendah tidak
ada (0%), kategori rendah = 9 orang (22,5 %) , kategori sedang = 9 orang
(22,5%), kategori cukup tinggi = 12 orang (30%), kategori tinggi = 10 orang
(25%), kategori sangat tinggi tidak ada (0%). diperoleh kategori cukup
tinggi. Hasil uji persyaratan normalitas data hasil aktivitas supervisi kepala
sewkolah berdistribusi normal dengan hasil perhitungan X2 hitung < X2 tabel (
2,172 < 55,8 ). Hasil uji persyaratan analisis linieritas data hasil kedisiplinan
guru dalam pelaksanaan pembelajaran di SMK Negeri 1 Pagaran T.A.
2017/2018 , Y= 22,049 + 0,616. Dari hasil di atas dapat dilihat pada kolom
tabel distribusi kedisiplinan guru dalam pelaksanaan pembelajaran dan
dapat diketahui bahwa nilai signifikansi untuk supervisi kepala sekolah (X)
sebesar 0,573. Karena signifikansi untuk seluruh variabel lebih besar dari
0,431. Berdasarkan hasil nalisa dapat nilai koefisien korelasi ‚rxy‛ = 0,580,
rhitung > rtabel atau 0,580 > 0,312. Maka hipotesa yang berbunyi terdapat
hubungan yang signifikan antara supervisi kepala sekolah dengan
kedisiplinan guru dalam pelaksanaan pembelajaran di SMK Negeri 1
Pagaran T.A. 2017/2018 dapat dioterima