HUBUNGAN BIMBINGAN KONSELING DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN SISWA SMP YP. MARKUS MEDAN TAHUN 2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara Bimbingan Konseling dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen Siswa Kelas VIII SMP YP. Markus Tahun 2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP YP. Markus dengan jumlah 86 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling. Instrument penelitian ini adalah menggunakan dokumen dan angket yang terdiri dari 21 item dengan pilihan jawaban (a,b,c,d) yang sudah telah diuji cobakan untuk melihat validitas dan reliabilitasnya. Hasil uji persyaratan analisis data bimbingan konseling berdistribusi normal dengan hasil perhitungan diperoleh X2hitung < X2tabel (38,18 < 113,14) dan data normalitas hasil belajar PAK berdistribusi normal dengan hasil perhitungan diperoleh X2hitung < X2tabel (18,74 < 113,14). Hasil uji linier dan bimbingan konseling PAK dan hasil belajar PAK adalah linier dengan persamaan Y = 36,908 + 0,569X dikonsultasikan dengan Fhitung > Ftabel (32,329 > 3,95). Uji kecenderungan bimbingan konseling cenderung cukup tinggi (38,3%) dan hasil Belajar PAK siswa cenderung cukup tinggi (41,8%). Berdasarkan koefisien korelasi diperoleh rhitung = 0,527 dan rtabel = 0,207 pada taraf signifikan 5% dengan jumlah N = 86, maka rhitung > rtabel (0,527>0,207). Hal ini menunjukkan ada hubungan bimbingan konseling dengan hasil belajar pendidikan agama keristen. Kemudian untuk mengetahui taraf signifikan hubungan kedua variabel tersebut di atas digunakan uji statistik (uji “t”) pada taraf signifikan 5%. Hasil uji statistik (uji “t”) diperoleh thitung = 5,782 dan ttabel = 1,662 karena thitung >ttabel (5,782>1,662), Maka hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang siginifikan antara bimbingan konseling dengan hasil belajar pendidikan agama keristen Siswa SMP YP. Markus Medan Tahun 2019.