HUBUNGAN TINGKAH LAKU SISWA DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI SMP SWASTA TALITAKUM MEDAN T.P 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara tingkah laku siswa dengan hasil belajar Pendidikan Agama Kristen SMP Swasta Talitakum Medan 2018/2019.Jenis penilitian ini adalah diskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII `SMP Swasta Talitakum Medan T.P 2018/2019. Yang beragama Kristen 40 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan angket yang berjumlah 23soal dengan empat pilihan di uji cobakan kekelas yang lebih tinggi untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket.Hasil uji persyaratan analisis diperoleh data bahwa tingkah laku siswa di SMP Swasta Talitakum Medan T.P 2018/2019 berdistribusi normalX2hitung< X2tabel = (9,511 < 11,07). Data Hasil Belajar PAK di SMP Swasta Talitakum Medan T.P 2018/2019 berdistribusi normalX2hitung< X2tabel = (8,364 < 11,07) Hasil Uji linearitas tingkah laku siswa dengan hasil belajar PAK di SMP Swasta Talitakum Medan T.P 2018/2019 adalah linear dengan persamaan Y = 46,612 + 0,452 X dikonsultasikan dengan Fhitung(22,574)> Ftabel(4,10). Hasiluji kecenderungan diperoleh tingkah laku siswa kategorikan“sangat tinggi” (40%) dan hasil belajar Pendidikan Agama Kristen dikategorikan “tinggi” (27,5%). Berdasarkan hasil uji korelasi diperolehrhitung= 0,611dengan mengkonsultasikan terhadap nilai rtabelyang dimana rtabeluntuk taraf signifikan 0,05 dengan jumlah N=40 yaitu 0,312 dimanarhitung> rtabel(0,611>0,312). Maka hal ini menunjukkan ada hubungan tingkah laku siswa dengan hasil belajar Pendidikan Agama Kristen, kemudian dari pada itu untuk mengetahui taraf signifikannya maka harus dilanjut dengan uji statistik “uji t”pada taraf signifikan 5% dimana perolehanthitung> ttabel(5,102>1,68). Maka hal ini menunjukkan ada hubungan yang signifikan tingkah laku siswa dengan hasil belajar Pendidikan Agama Kristen di SMP Swasta Talitakum Medan T.P 2018/2019.