PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP UMPAN BALIK KOREKTIF DOSEN PADA MATA KULIAH SPEAKING
Abstract
Sejak banyaknya penelitian yang menemukan bahwa umpan balik korektif dosen memberikan kontribusi yang tinggi terhadap perkembangan kemampuan berbicara, maka penelitian yang berhubungan dengan hal ini pun semakin berkembang namun masih terfokus kepada implementaasi umpan balik korektif dan jenis-jenis umpan balik korektif yang digunakan oleh pengajar dalam pembelajaran bahasa. Penelitian ini dilakukan untuk menemukan bagaimana persepsi mahasiswa terhadap umpan balik korektif dosen yang diberikan pada mata kuliah speaking. Dengan menggunakan metode pemberian kuesioner kepada 44 mahasiswa dan wawancara kepada 22 mahasiswa, penelitian ini menemukan bahwa sebagian besar mahasiswa memiliki persepsi yang positif terhadap keberadaan umpan balik korektif dosen karena hal tersebut menolong mereka mengetahui kesalahan yang mereka lakukan, mengetahui langkah perbaikan yang akhirnya meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa, memberi dampak untuk semakin berani berbicara dan meningkatkan keaktifan mahasiswa dalam pembelajaran speaking. Jenis umpan balik korektif yang paling sering digunakan oleh dosen adalah elicitation dan hal ini berbeda dengan jenis umpan balik yang disukai oleh mahasiswa, yakni explicit correction. Mahasiswa lebih memilih explicit correction karena mahasiswa dapat mengetahui secara langsung apa yang menjadi kesalahan mereka bersamaan dengan jawaban yang benar. Mahasiswa paling tidak menyukai jenis metalinguistic clue karena penggunaan jeni umpan balik ini mengakibatkan kebingungan bagi mahasiswa untuk menemukan kesalahan mereka sendiri karena diakibatkan oleh pengetahuan mereka mengenai komponen-komponen berbicara bahasa Inggris yang belum memadai.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).