PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP UMPAN BALIK KOREKTIF DOSEN PADA MATA KULIAH SPEAKING

  • Corry Ester Margaret Siagian Universitas Darma Agung
  • Shabrina Harumi Pinem

Abstract

Sejak banyaknya penelitian yang menemukan bahwa umpan balik korektif dosen memberikan kontribusi yang tinggi terhadap perkembangan kemampuan berbicara, maka penelitian yang berhubungan dengan hal ini pun semakin berkembang namun masih terfokus kepada implementaasi umpan balik korektif dan jenis-jenis umpan balik korektif yang digunakan oleh pengajar dalam pembelajaran bahasa. Penelitian ini dilakukan untuk menemukan bagaimana persepsi mahasiswa terhadap umpan balik korektif dosen yang diberikan pada mata kuliah speaking. Dengan menggunakan metode pemberian kuesioner kepada 44 mahasiswa dan wawancara kepada 22 mahasiswa, penelitian ini menemukan bahwa sebagian besar mahasiswa memiliki persepsi yang positif terhadap keberadaan umpan balik korektif dosen karena hal tersebut menolong mereka mengetahui kesalahan yang mereka lakukan, mengetahui langkah perbaikan yang akhirnya meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa, memberi dampak untuk semakin berani berbicara dan meningkatkan keaktifan mahasiswa dalam pembelajaran speaking. Jenis umpan balik korektif yang paling sering digunakan oleh dosen adalah elicitation dan hal ini berbeda dengan jenis umpan balik yang disukai oleh mahasiswa, yakni explicit correction. Mahasiswa lebih memilih explicit correction karena mahasiswa dapat mengetahui secara langsung apa yang menjadi kesalahan mereka bersamaan dengan jawaban yang benar. Mahasiswa paling tidak menyukai jenis metalinguistic clue karena penggunaan jeni umpan balik ini mengakibatkan kebingungan bagi mahasiswa untuk menemukan kesalahan mereka sendiri karena diakibatkan oleh pengetahuan mereka mengenai komponen-komponen berbicara bahasa Inggris yang belum memadai.

Published
Aug 16, 2021
How to Cite
SIAGIAN, Corry Ester Margaret; PINEM, Shabrina Harumi. PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP UMPAN BALIK KOREKTIF DOSEN PADA MATA KULIAH SPEAKING. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 29, n. 2, p. 287–297, aug. 2021. ISSN 2654-3915. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/1087>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v29i2.1087.
Section
Artikel