PENGARUH MODEL PBL BERBASIS BLENDED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SEMESTER GANJIL SMA SWASTA METHODIST-2 MEDAN T.A 2021/2022.

  • Alim Perangin-angin Universitas Darma Agung
  • Dewi Lestari Pardede Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Medan
  • Lukman Pardede Universitas HKBP Nommensen, Medan
  • Atustinus Giawa Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan menggunakan model PBL Berbasis Blended Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI Semester Ganjil Pada materi pokok kesetimbangan benda tegar SMA Swasta Methodist-2 Medan T.A 2021/2022.Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen (Eksperimen Semu). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI semester ganjil SMA Swasta Methodist-2 Medan yang terdiri atas 2 kelas dengan jumlah seluruh siswa adalah 50 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan acak kelas (cluster random sampling), dan yang menjadi sample dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI mia 2 sebagai kelas eksprimen, yang diajarkan dengan model PBL berbasis Blended Learning dan siswa kls XI mia 3 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung. Instrumen penelitian ini menggunakan tes dalam bentuk essay sebanyak 9 item dengan menggunakan teknik penskoran  yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal. Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas data.Berdasarkan hasil penelitian, sebelum dilakukan pembelajaran kepada kedua kelompok sampel  terlebih dahulu dilakukan pretes untuk mengetahui kemampuan awal berpikir kritis siswa. Hasil penelitian diperoleh rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 46.13 dengan standard deviasi 4.53 dan pretes kelas kontrol adalah 43.26 dengan standard deviasi 3.97. Untuk uji t dua pihak nilai pretes kedua kelas diperoleh  = 0.41 dan  = 2,01. Karena <  maka hal ini menunjukkan bahwa kemampuan awal kedua kelas sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda yaitu pada kelas ekperimen diberikan model PBL berbasis blended learning dan pada kelas kontrol diberikan model pembelajaran langsung, diakhir pembelajaran dilakukan postes. Hasil penelitian diperoleh rata-rata postes kelas eksperimen adalah 86.07 dengan standard deviasi 6.53 dan nilai rata-rata postes kelas kontrol adalah 77.93 dengan standard deviasi 7.28. Berdasarkan hasil uji statistik (uji t satu pihak), diperoleh nilai untuk  = 4,606 dan  = 1,676. Karena > , maka hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan Model PBL berbasis Blended Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Pokok kesetimbangan benda tegar kelas XI semester Ganjil SMA Swasta Methodist-2 Medan T.A 2021/2022.

Published
Apr 20, 2022
How to Cite
PERANGIN-ANGIN, Alim et al. PENGARUH MODEL PBL BERBASIS BLENDED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SEMESTER GANJIL SMA SWASTA METHODIST-2 MEDAN T.A 2021/2022.. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 30, n. 1, p. 160–163, apr. 2022. ISSN 2654-3915. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/1443>. Date accessed: 20 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v30i1.1443.
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)