PENGARUH PERATAAN LABA DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP REAKSI PASAR PADA PERUSAHAAN KOSMETIK YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
Abstract
Tujuan dari penenelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perataan laba, ukuran perusahaan terhadap reaksi pasar pada Reaksi Pasar pada perusahaan kosmetik yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini di Uji secara Parsial dan Simultan, periode dalam penelitian ini dari tahun 2016-2020. Dalam penelitian ini populasinya terdadap 6 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pengambilan sampel memakai metode purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 5 perusahaan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi dokementasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, uji prasyarat analisis, analisis regresi linier berganda, uji normalitas, uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan secara parsial antara perataan laba berpengaruh terhadap reaksi pasar secara signifikan sebesar 3,267 > 2,055, dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap reaksi pasar dengan nilai signifikan 101 > 2,055, Perataan Laba dan Ukuran Perusahaan secara bersama-sama (simultan) tidak memberikan pengaruh terhadap Reaksi Pasar dengan nilai signifikasi 36,388 > 2,98 atau 0,000 < 0,05.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).