EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERKOLABORASI GOOGLE CLASSROM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI

  • Hakim Prasasti Lubis Universitas Efarina

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menjelaskan peningkatan keterampilan menulis eksplanasi dengan menggunakan model PBM dipadukan dengan Google Classroom. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI OTKP SMK YPK Medan tahun pelajaran 2021-202 yang berjumlah 21 siswa. Metode tes meliputi tes tertulis yang menyediakan data kuantitatif. Metode non-tes terdiri dari lembaran observasi, dokumen, dan survei kepuasan siswa saat sedang belajar, dan disediakan melalui tautan ke pertanyaan. Hasilnya, ditemukan bahwa efektifitas menulis teks eksplanasi siswa meningkat. Respon belajar siswa berada pada kategori “baik”. Artinya, nilai rata-rata 66,6 dan tingkat ketuntasan 33,3% pada siklus I, dan untuk siklus II rata-rata nilai siswa 82 dan tingkat ketuntasan 85%.

Published
Aug 6, 2022
How to Cite
LUBIS, Hakim Prasasti. EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERKOLABORASI GOOGLE CLASSROM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 30, n. 2, p. 276-288, aug. 2022. ISSN 2654-3915. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/1673>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v30i2.1673.
Section
Artikel