FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN SEPEDA SEBAGAI FEEDER KERETA KOMUTER (STUDI KASUS : JAKARTA PUSAT)
Abstract
Pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk memaksimalkan dan menarik penggunaan sepeda sebagai feeder kereta komuter untuk mendukung sistem transportasi berkelanjutan (Sustainable Transportation) yang ramah lingkungan, hal ini guna mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan tingkat kemacetan serta polusi yang selalu menghiasi kondisi transportasi di Jakarta. Salah satu contohnya adalah pembangunan jalur sepeda permanen dan fasilitas bike sharing yang terintegrasi dengan stasiun kereta komuter. Langkah tersebut mendukung moda sepeda sebagai transportasi alternatif, dalam perjalanan first mile and last mile untuk menunjang kebijakan transportasi yang berorientasi transit. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor – faktor yang mempengaruhi penggunaan sepeda sebagai feeder kereta komuter dan menyusun rekomendasi untuk meningkatkan penggunaan sepeda sebagai feeder kereta komuter berdasarkan faktor – faktor yang mempengaruhi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif serta pengumpulan data dengan teknik purposive sampling menggunakan rumus Lemeshow dengan bantuan kuesioner. Kemudian pengolahan data dari hasil survei menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan software Ms. Excel serta IBM SPSS Statistics 22.0 untuk mengetahui faktor – faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku pengguna kereta komuter yang menggunakan sepeda sebagai feeder. Penelitian ini diharapkan mendapatkan faktor – faktor yang mempengaruhi perilaku pengguna kereta komuter yang menggunakan sepeda sebagai feeder, dimana nantinya dapat menyusun rekomendasi untuk untuk meingkatkan penggunaan sepeda sebagai feeder kereta komuter.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).