PENGARUH TAMPILAN PRODUK DAN DISKON TERHADAP MINAT BELI MAHASISWA UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN PEMATANGSIANTAR PRODI PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2018 PADA E-COMMERCE SHOPE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan tampilan produk dan Diskon terhadap minat beli Mahasiswa Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar Prodi Pendidikan Ekonomi angkatan 2018 pada E-commerce Shopee. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif, dengan menggunakan teknik random sampling serta dihitung menggunakan rumus slovin maka sampel dapat diperoleh sebanyak 109 responden. Adapun data yang diperoleh di analisis menggunakan regresi linear berganda Hasil penelitian menunjukkan variabel tampilan produk dan diskon berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap minat beli mahasiswa. Dimana, (1) variabel tampilan produk (X1) memiliki nilai signifikansi 0,013 < 0,05, hal ini menandakan bahwa Ha1 dapat diterima. (2) variabel diskon (X2) memiliki nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hal ini juga menandakan bahwa Ha2 dapat diterima. Sedangkan hasil uji simultan F juga menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan tampilan produk dan diskon terhadap variabel minat beliĀ mahasiswa (Y), dimana (3) variabel minat beli memiliki nilai signifikansi 0,000 < 0,05, hasil tersebut menandakan bahwa Ha3 dapat diterima. Kesimpulan pada penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan tampilan produk dan diskon terhadap minat beli mahasiswa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).