USULAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK FITUR BARU PENGGUNA MOBIL PADA APLIKASI PARKIR – STUDI KASUS APLIKASI CARI PARKIR

  • Anggita Amilia Universitas Darma Agung
  • Iwan Setiawan Universitas Darma Agung

Abstract

Beriringan dengan kenaikan dari pengguna mobil (Sumber: Data BPS), mengakibatkan fenomena kenaikan permasalahan mengenai kesulitan mencari tempat parkir di mal ataupun gedung lainnya. Saat ini, fitur terbaru CariParkir yang fokus pada pengguna mobil dinamakan fitur Lockey, dimana fitur ini memanfaatkan teknologi IoT untuk membuat pelanggan dapat memesan tempat parkir sebelum kedatangan dan akan membantu fenomena tersebut. Riset ini bertujuan untuk mencari tahu apa ekspektasi masyarakat terdapat fitur ini dan perilaku masyarakat yang akan mempengaruhi strategi pemasaran dari fitur Lockey. Riset ini menggunakan metode riset kuantitatif dengan media kuisioner. Hasil dari riset ini adalah usulan mengenai strategi pemasaran yang menggunakan Marketing Mix Strategy yang terdiri dari Produk, Harga, Promosi, dan Tempat. Dan juga melakukan peningkatan pada proses pelanggan dalam mencari parkir, menggunakan 5A Journey. Yang dimana strategi tersebut dapat dirangkum menjadi: pengembangan produk untuk memudahkan pelanggan dalam penggunaan aplikasi pada proses pencarian tempat parkir dan produk terkait engagement dengan pelanggan, memperluas media, peningkatan sistem servis pelanggan, dan memperkuat kolaborasi dengan tempat dimana pelanggan berada. Konektivitas antara strategi ini akan meningkatkan kesadaran akan brand CariParkir dan konversi kepada transaksi dalam CariParkir.

Published
Nov 4, 2022
How to Cite
AMILIA, Anggita; SETIAWAN, Iwan. USULAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK FITUR BARU PENGGUNA MOBIL PADA APLIKASI PARKIR – STUDI KASUS APLIKASI CARI PARKIR. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 30, n. 3, p. 25 - 35, nov. 2022. ISSN 2654-3915. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/2183>. Date accessed: 20 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v30i3.2183.
Section
Artikel