USULAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK FITUR BARU PENGGUNA MOBIL PADA APLIKASI PARKIR – STUDI KASUS APLIKASI CARI PARKIR
Abstract
Beriringan dengan kenaikan dari pengguna mobil (Sumber: Data BPS), mengakibatkan fenomena kenaikan permasalahan mengenai kesulitan mencari tempat parkir di mal ataupun gedung lainnya. Saat ini, fitur terbaru CariParkir yang fokus pada pengguna mobil dinamakan fitur Lockey, dimana fitur ini memanfaatkan teknologi IoT untuk membuat pelanggan dapat memesan tempat parkir sebelum kedatangan dan akan membantu fenomena tersebut. Riset ini bertujuan untuk mencari tahu apa ekspektasi masyarakat terdapat fitur ini dan perilaku masyarakat yang akan mempengaruhi strategi pemasaran dari fitur Lockey. Riset ini menggunakan metode riset kuantitatif dengan media kuisioner. Hasil dari riset ini adalah usulan mengenai strategi pemasaran yang menggunakan Marketing Mix Strategy yang terdiri dari Produk, Harga, Promosi, dan Tempat. Dan juga melakukan peningkatan pada proses pelanggan dalam mencari parkir, menggunakan 5A Journey. Yang dimana strategi tersebut dapat dirangkum menjadi: pengembangan produk untuk memudahkan pelanggan dalam penggunaan aplikasi pada proses pencarian tempat parkir dan produk terkait engagement dengan pelanggan, memperluas media, peningkatan sistem servis pelanggan, dan memperkuat kolaborasi dengan tempat dimana pelanggan berada. Konektivitas antara strategi ini akan meningkatkan kesadaran akan brand CariParkir dan konversi kepada transaksi dalam CariParkir.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).