ANALISIS FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 4 PEMATANG SIANTAR TAHUN AJARAN 2022/2023
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat faktor-faktor yang dominan pada hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Pematang Siantar T.A 2022/2023. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif, dimana metode ini bertujuan menggambarkan hasil penelitian serta menarik kesimpulan. Populasi pada penelitian ini berjumlah 154 siswa dengan menggunakan teknik random sampling serta dihitung dengan menggunakan rumus slovin maka sampel diperoleh sebanyak 111 responden. Teknik analisis data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan faktor yang lebih dominan dari variabel faktor internal dan eksternal pada hasil belajar kognitif siswa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Dimana nilai t-hitung variabel faktor internal dan eksternal (X) 10,708 > t-tabel 1,98197. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Adapun faktor-faktor yang dominan pada hasil belajar kognitif siswa yaitu faktor lingkungan keluarga yang memiliki presentase sebesar 56,75% dan faktor kesehatan yang memiliki presentase sebesar 51,35%.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).