ANALISIS FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 4 PEMATANG SIANTAR TAHUN AJARAN 2022/2023

  • Iyen Yulieta Anggreni Gultom Universitas HKBP Nommensen, Pematang Siantar
  • Susy Alestriani Sibagariang Universitas HKBP Nommensen, Pematang Siantar
  • Leo Fernando Simatupang Universitas HKBP Nommensen, Pematang Siantar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat faktor-faktor yang dominan pada hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Pematang Siantar T.A 2022/2023. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif, dimana metode ini bertujuan menggambarkan hasil penelitian serta menarik kesimpulan. Populasi pada penelitian ini berjumlah 154 siswa dengan menggunakan teknik random sampling serta dihitung dengan menggunakan rumus slovin maka sampel diperoleh sebanyak 111 responden. Teknik analisis data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan faktor yang lebih dominan dari variabel faktor internal dan eksternal pada hasil belajar kognitif siswa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Dimana nilai t-hitung variabel faktor internal dan eksternal (X) 10,708 >  t-tabel 1,98197. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Adapun faktor-faktor yang dominan pada hasil belajar kognitif siswa yaitu faktor lingkungan keluarga yang memiliki presentase sebesar 56,75% dan faktor kesehatan yang memiliki presentase sebesar 51,35%.

Published
Nov 14, 2022
How to Cite
GULTOM, Iyen Yulieta Anggreni; SIBAGARIANG, Susy Alestriani; SIMATUPANG, Leo Fernando. ANALISIS FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 4 PEMATANG SIANTAR TAHUN AJARAN 2022/2023. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 30, n. 3, p. 492 - 497, nov. 2022. ISSN 2654-3915. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/2264>. Date accessed: 20 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v30i3.2264.
Section
Artikel