PENGARUH PROFESIONALISME GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR KELAS VII SISWA SMP N 1 DOLOK BATU NANGGAR T.A. 2022/2023
Abstract
Penulisan Skripsi ini memiliki tujuan untuk mengetahui ada atau tidak nya pengaruh Profesionalisme guru dalam meningkatkan kemampuan Siswa di SMP N 1 Dolok Batu Nanggar kabupaten Simalungun . Penelitian ini menggunakan metode angket/kuisoner yang dilaksanakan di SMP N 1 Dolok Batu Nanggar dengan siswa kelas VII dengan populasi sampel sebanyak 120 siswa . Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan anket/kuisioner sebanyak 20 pertanyaan untuk profesionalisme dan 20 pertanyaan untuk motivasi belajar siswa. Jenis peneltian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Instrument yang digunakan yaitu angket untuk memperoleh data proesionalisme guru dan motivasi belajar siswa. Analisis data yang digunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas dan uji hipotesis dengan Pearson Product Moment dengan menggunakan SPSS Versi 22. Hasil uji linieritas dapat diketahui bahwa dengan membandingkan nilai sig 0,361 > 0,05. Maka antara variabel bebas memiliki hubungan yang linier dengan variabel terikat. Hasil analisis Uji t dapat diketahui bahwa dengan
membandingkan nilai p-Value = 0,000 < α = 0,05 maka tolak H0, artinya terdapat pengaruh antara profesionalisme guru terhadap motivasi belajar siswa.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).