PENGARUH PROFESIONALISME GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR KELAS VII SISWA SMP N 1 DOLOK BATU NANGGAR T.A. 2022/2023

  • Rinto Nababan Universitas HKBP Nommensen, Pematang Siantar
  • Susy A Sibagariang Universitas HKBP Nommensen, Pematang Siantar
  • Lasma Siagian Universitas HKBP Nommensen, Pematang Siantar

Abstract

Penulisan Skripsi ini  memiliki  tujuan untuk mengetahui ada atau tidak nya pengaruh Profesionalisme guru dalam meningkatkan kemampuan Siswa di SMP N 1 Dolok Batu Nanggar  kabupaten Simalungun . Penelitian ini menggunakan metode angket/kuisoner yang dilaksanakan di SMP N 1 Dolok Batu Nanggar dengan siswa kelas VII dengan populasi sampel sebanyak 120 siswa . Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan anket/kuisioner sebanyak 20 pertanyaan untuk profesionalisme dan 20 pertanyaan untuk motivasi belajar siswa. Jenis peneltian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Instrument yang digunakan yaitu angket untuk memperoleh data proesionalisme guru dan motivasi belajar siswa. Analisis data yang digunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas dan uji hipotesis dengan Pearson Product Moment dengan menggunakan SPSS Versi 22. Hasil uji linieritas dapat diketahui bahwa dengan membandingkan nilai sig 0,361 > 0,05. Maka antara variabel bebas memiliki hubungan yang linier dengan variabel terikat. Hasil analisis Uji t dapat diketahui bahwa dengan


 


membandingkan nilai p-Value = 0,000 < α = 0,05 maka tolak H0, artinya terdapat pengaruh antara profesionalisme guru terhadap motivasi belajar siswa.

Published
Nov 14, 2022
How to Cite
NABABAN, Rinto; SIBAGARIANG, Susy A; SIAGIAN, Lasma. PENGARUH PROFESIONALISME GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR KELAS VII SISWA SMP N 1 DOLOK BATU NANGGAR T.A. 2022/2023. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 30, n. 3, p. 498 - 504, nov. 2022. ISSN 2654-3915. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/2266>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v30i3.2266.
Section
Artikel