PENGARUH KEPERCAYAAN DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP MINAT BELI PAKAIAN ONLINE SHOPEE

  • Titi Mora Agatha Gultom Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli
  • Herta Manurung Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli
  • Nurlinawati Simanjuntak Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan dan persepsi risiko terhadap minat beli baju online shopee (Studi Kasus pada Mahasiswa Angkatan 2017 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen XII Universitas Tapanuli Sisingamangaraja). Metode analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi berganda, analisis determinasi r^2, regresi linier berganda, uji t dan uji F. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen Universitas XII Sisingamangaraja Tapanuli sebanyak 72 orang. Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli baju online Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas XII Sisingamangaraja XII Tapanuli Tahun 2017). Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel (5,937 > 1,669), dan nilai signifikansi sebesar 0,000 (signifikan 0,05). Menurut kriteria pengujian, hipotesis diterima. Persepsi risiko berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli baju online Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas XII Sisingamangaraja XII Tapanuli Tahun 2017). Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel (1,366 < 1,669), dan nilai signifikan sebesar 0,000 (signifikan 0,05). Menurut kriteria pengujian, hipotesis ditolak. Nilai rhitung untuk variabel Confidence (X1) adalah 0,400 dengan nilai sig. 0,000. Artinya tingkat hubungan antara kepercayaan dengan minat beli adalah positif dan signifikan. Hal ini juga akan menghasilkan hasil yang sama jika dibandingkan dengan rtabel dengan rhitung (df= n-2 = 64, = 0,05 yaitu: 0,400). Dengan demikian, rhitung > rtabel hasilnya sama dengan tingkat hubungan positif dan signifikan. Jadi rhitung (0,400) > rtabel (0,315). Berdasarkan tabel 3.3 pedoman interpretasi koefisien korelasi, koefisien yang ditemukan sebesar 0,400 dikategorikan cukup kuat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kepercayaan memiliki pengaruh positif dan signifikan dengan kategori cukup kuat terhadap minat beli. Persamaan regresi berganda diperoleh sebagai berikut: Y = 4,433 + 0,837X1 + 0,238X2

Published
Nov 16, 2022
How to Cite
GULTOM, Titi Mora Agatha; MANURUNG, Herta; SIMANJUNTAK, Nurlinawati. PENGARUH KEPERCAYAAN DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP MINAT BELI PAKAIAN ONLINE SHOPEE. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 30, n. 3, p. 595 - 608, nov. 2022. ISSN 2654-3915. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/2272>. Date accessed: 05 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v30i3.2272.
Section
Artikel