PENGARUH KEPERCAYAAN DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP MINAT BELI PAKAIAN ONLINE SHOPEE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan dan persepsi risiko terhadap minat beli baju online shopee (Studi Kasus pada Mahasiswa Angkatan 2017 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen XII Universitas Tapanuli Sisingamangaraja). Metode analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi berganda, analisis determinasi r^2, regresi linier berganda, uji t dan uji F. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen Universitas XII Sisingamangaraja Tapanuli sebanyak 72 orang. Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli baju online Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas XII Sisingamangaraja XII Tapanuli Tahun 2017). Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel (5,937 > 1,669), dan nilai signifikansi sebesar 0,000 (signifikan 0,05). Menurut kriteria pengujian, hipotesis diterima. Persepsi risiko berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli baju online Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas XII Sisingamangaraja XII Tapanuli Tahun 2017). Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel (1,366 < 1,669), dan nilai signifikan sebesar 0,000 (signifikan 0,05). Menurut kriteria pengujian, hipotesis ditolak. Nilai rhitung untuk variabel Confidence (X1) adalah 0,400 dengan nilai sig. 0,000. Artinya tingkat hubungan antara kepercayaan dengan minat beli adalah positif dan signifikan. Hal ini juga akan menghasilkan hasil yang sama jika dibandingkan dengan rtabel dengan rhitung (df= n-2 = 64, = 0,05 yaitu: 0,400). Dengan demikian, rhitung > rtabel hasilnya sama dengan tingkat hubungan positif dan signifikan. Jadi rhitung (0,400) > rtabel (0,315). Berdasarkan tabel 3.3 pedoman interpretasi koefisien korelasi, koefisien yang ditemukan sebesar 0,400 dikategorikan cukup kuat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kepercayaan memiliki pengaruh positif dan signifikan dengan kategori cukup kuat terhadap minat beli. Persamaan regresi berganda diperoleh sebagai berikut: Y = 4,433 + 0,837X1 + 0,238X2
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).