PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTSI BELAJAR SISWA KELAS XI AKL PADA MATA PELJARAN AKUNTANSI KEUANGANN SMK-1 SWASTA TAMANSISWA PEMATANG SIANTAR T.A.2022/2023
Abstract
Berdasarkan observasi awal yang penulis lakukan diduga penggunaan metode pembelajaran demonstrasi kurang dapat dipahami siswa yang memiliki keterampilan belajar audiovisual yaitu dengan harus mendengar terlebih dahulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketersediaan dan penggunaan fasilitas belajar yang ada di SMK 1 Swasta Taman Siswa Pematang Siantar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatifasosiatif. Sampel penelitian yaitu siswa kelas XI AKL dengan jumlah 33 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,dan dokumentasi dengan instrumen penelitian ini adalah kuesioner (angket). Teknik pengujian hipotesis menggunakan multikolineritas, analisis regresi linear berganda, uji T, uji F dan koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian juga diketahui bahwa secara parsial variabel metode pembelajaran demonstrasi tidak memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa, sedangkan fasilitas belajar memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Untuk uji secara simultan metode pembelajaran demonstrasi dan fasilitas belajar secara bersama sama memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Yang artinya secara parsial variabel fasilitas belajar memiliki pengaruh yang belajar lebih berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas XI AKL pada mata pelajaran akuntansi keuangan SMK 1 Swasta Tamansiswa Pematang Siantar. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai koefisien determinasi (R Square) 0,755 atau 75,5% yang artinya prestasi belajar dipengaruhi oleh metode pembelajaran dan fasilitas belajar sebesar 75,5% dan sisanya variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).