ANALISIS KESULITAN BELAJAR TEMA BENDA, HEWAN DAN TANAMAN DI SEKITARKU PADA SISWA KELAS IA SDN 002 SUNGAI PINANG
Abstract
Analisis Kesulitan Belajar Tema Benda, Hewan dan Tanaman di Sekitarku pada Siswa Kelas IA SDN 002 Sungai Pinang Tahun Pembelajaran 2019/2020. Jenis Penelitian adalah penelitian kualitatif yang dilatarbelakangi dengan adanya beberapa siswa masih mengalami kesulitan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar tema benda, hewan dan tanaman di sekitarku kelas IA SDN 002 Sungai Pinang Tahun Pembelajaran 2019/2020. Tempat dan waktu penelitian di kelas IA pada semester genap. Subjek penelitian adalah wali kelas IA, orang tua siswa, dan siswa. Teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik tringulasi sumber data. Hasil penelitian pada kelas IA di SDN 002 Sungai Pinang, terdapat siswa yang mengalami kesulitan belajar tema benda, hewan dan tanaman di sekitarku terdiri dari 5 orang siswa, penyebab kesulitan belajar siswa dikarenakan faktor-faktor kesulitan belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa faktor kesulitan belajar seperti kurangnya ketegasan guru terhadap siswa dan orang tua yang memberi kebebasan kepada anak untuk bermain dengan temannya, dan siswa tidak memiliki gejala-gejala kesulitan belajar seperti gangguan mental, AdapunĀ muatan PPKn seperti ada keinginan belajar tetapi dengan adanya pembentukan karakter siswa seperti suka mengganggu teman, pemalu dan kurangnya dalam membaca walaupun ada keinginan untuk belajar tetapi tanpa disadari hal tersebut dapat mengakibatkan siswa mengalami kesulitan.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).