TINGKAT STRES PADA ANAK DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Penelitian mengenai tingkat stres pada siswa ini bertujuan untuk mendapatkan analisis, serta kajian validitas dan reliabilitas dari instrumen DASS-42. Survei mengenai tingkat stres ini menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data dari responden siswa/i pada SMP Teach Indonesia School Jakarta Utara sebanyak 23 responden. Tingkat stres dari siswa dihitung berdasarkan skala Likert 0-3, yaitu skala skor 3 untuk sangat sesuai, skor 2 untuk sering, skor 1 untuk sesuai, dan skor 0 untuk tidak sesuai. Pada akhir penelitian ini, peneliti mampu menunjukkan validitas dan reliabilitas dari instrumen DASS-42, sebagai alat ukur untuk mengukur tingkat stres pada siswa. Manfaat dari dilakukannya penelitian ini adalah dapat memberikan gambaran informasi tingkat stres pada murid selama masa pembelajaran jarak jauh, juga mengetahui indikator apa yang dapat menunjukkan adanya stres pada siswa.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).