HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN KONFORMITAS TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK
Abstract
Prokrastinasi akademik sudah merupakan masalah yang segera harus disadari dan segera dibenahi. Dalam pemahaman yang demikian, maka penting diadakan penelitian guna mengetahui variabel lain yang berkorelasi dengan Prokrastinasi Akademik, secara positif maupun negatif. Penelitian ini secara khusus mempertemukan dua variabel independen (X) yakni Motivasi Belajar dan Konformitas dengan variabel dependen (Y) Prokrastinasi Akademik. Dengan teknik total sampling diperolehlah 60 orang mahasiswa dari salah satu Universitas Swasta di Medan sebagai subjek penelitian. Terhadap data yang telah terkumpul akan dilakukan tahapan analisis data serta uji hipotesis dengan metode analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) tidak ada hubungan antara Motivasi Belajar dengan Prokrastinasi Akademik, (2) ada hubungan positif antara Konformitas dengan Prokrastinasi Akademik, dan (3) ada hubungan positif antara Motivasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).