HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN KONFORMITAS TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK

  • Suaidah Lubis Universitas Medan Area, Medan
  • Hirmar Waki Omnihara Siregar Universitas Medan Area, Medan
  • Jakobus Maruli Tua Sinurat Universitas Medan Area, Medan
  • Muhammad Faisal Ramadhan Nasution Universitas Medan Area, Medan
  • Nurayu Resmara Tresna Universitas Medan Area, Medan
  • Rizky Amelia Lubis Universitas Medan Area, Medan

Abstract

Prokrastinasi akademik sudah merupakan masalah yang segera harus disadari dan segera dibenahi. Dalam pemahaman yang demikian, maka penting diadakan penelitian guna mengetahui variabel lain yang berkorelasi dengan Prokrastinasi Akademik, secara positif maupun negatif. Penelitian ini secara khusus mempertemukan dua variabel independen (X) yakni  Motivasi Belajar dan Konformitas dengan variabel dependen (Y) Prokrastinasi Akademik. Dengan teknik total sampling  diperolehlah 60 orang mahasiswa dari salah satu Universitas Swasta di Medan sebagai subjek penelitian. Terhadap data yang telah terkumpul akan dilakukan tahapan analisis data serta uji hipotesis dengan metode analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) tidak ada hubungan antara Motivasi Belajar dengan Prokrastinasi Akademik, (2) ada hubungan positif antara Konformitas dengan Prokrastinasi Akademik, dan (3) ada hubungan positif antara Motivasi

Published
Jan 23, 2024
How to Cite
LUBIS, Suaidah et al. HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN KONFORMITAS TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 30, n. 1, p. 959 - 968, jan. 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/2807>. Date accessed: 20 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v30i1.2807.
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)