PENGARUH MARKETING MIX (4P) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR VESPA DENGAN MODEL SPRINT DI PT. SALUYU VESPARIO BANDUNG
Abstract
Pembangunan infrastruktur skala besar di Indonesia merupakan salah satu faktor untuk mendorong perkembangan industri otomotif (sepeda motor). Bauran pemasaran (Marketing Mix) dikenal dalam istilah 4P, yaitu Product (produk), Price (harga), Place (tempat atau saluran distribusi), dan promotion (promosi). Dalam persaingan suatu perusahaan keputusan pembelian menjadi faktor penting dalam penentu eksistensi perusahaan. Keputusan pembelian dapat tercapai apabila produk tesebut sesuai dengan apa diinginkan dan dibutuhkan konsumen. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner yang disebarkan kepada 100 orang pengguna motor vespa model sprint. Hasil penelitian menunjukkan nilai F hitung (144.967) yang lebih besar dari pada F tabel (3,232) dengan tingkat signifikansi (0,000) di bawah level of significance 5%. maka H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan dari Kualitas produk (Variabel X1) dan Harga (Variabel X2) terhadap Proses Keputusan pembelian (Variabel Y). Besarnya perubahan (variasi) dari putusan, pembelian konsumen sepeda motor vespa model sprint di PT. Saluyu Vespario Bandung. yang dapat dijelaskan oleh variabel marketing mix adalah 85,9%, sedangkan sisanya sebesar 14,1% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).