KONSEP PENDIDIKAN THOHAROH MENURUT SYECH MAHMUD AL-MISHRI DALAM KITAB ALFIQHUL MUYASSAR LILTIFLILMUSLIM

  • Syarif Hidayat Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Budi Handrianto Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Ahmad Sastra Universitas Ibn Khaldun Bogor

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam jurnal ini, adalah bagaimana konsep Pendidikan thoharoh menurut Syeikh Mahmud AlMisri dalam kitab Alfiqhul Muyassar Liltiflil Muslim?. tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat mendeskripsikan konsep Pendidikan thoharoh menurut Syeikh Mahmud Al-Mishri dalam kitab Alfiqhul Muyassar Liltiflil Muslim. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian pustaka (library research) dimana penelitian ini menggunakan berbagai data-data yang dikumpulkan terdiri dari teori konsep dan ide, oleh sebab itu data yang penulis sajikan sebagai bahan penelitian berasal dari sumber tertulis dengan mempelajarinya terlebih dahulu, menelaah, bahan-bahan literasi yang berhubungan dengan materi pembahasan. Metode pengambilan data peneliti menggunakan analisis isi, analisis deskriptif, dan analisis induktif untuk menarik kesimpulan dari penelitian ini. Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan: “Konsep pendidikan thoharoh menurut Syeikh Mahmud Al-Mishri adalah kemampuan guru untuk mendidik dan membimbing peserta didiknya agar dapat lebih baik lagi dalam beribadah atau mendekatkan diri kepada Allah. Jadi pendapat penulis jika dipahami lebih mendalam perihal pendidikan thoharoh ini dapat membentuk generasi muda yang jauh lebih berproduktif karena mendapatkan pendidikan agama sejak dini. Thoharoh digunakan oleh Syeikh Mahmud Al-Mishri agar dapat memperoleh derajat ketakwaan kepada Allah sesuai yang tercantum di dalam kitab Alfiqhul Muyassar Liltiflil Muslim di terangkan bahwa agar memperoleh ketakwaan tersebut hendaklah melalui dua dasar jenjang dalam mensucikan diri baik yaitu thoharoh maknawiah ( batiniah ) dan thoharoh hasiyah ( dzohiroh ) diantaranya; mensucikan hati terlebih dahulu dengan membersihkan membersihkan hati dari syirik, maksiat, hasad, riya dan nifaq serta khobas ( najis ) dan hadas. dapat dilakukan dengan cara berwudhu, mandi, tayamum dan istinja‟.

Published
Apr 30, 2023
How to Cite
HIDAYAT, Syarif; HANDRIANTO, Budi; SASTRA, Ahmad. KONSEP PENDIDIKAN THOHAROH MENURUT SYECH MAHMUD AL-MISHRI DALAM KITAB ALFIQHUL MUYASSAR LILTIFLILMUSLIM. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 31, n. 1, p. 881 - 892, apr. 2023. ISSN 2654-3915. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/3061>. Date accessed: 20 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v31i1.3061.
Section
Artikel