PENERAPAN MODEL CTL BERBANTUAN KARTU KATA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA ANAK KELAS 1
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas guru, aktivitas peserta didik dan hasil belajar dengan menggunakan model CTL berbantuan kartu kata di kelas 1. Metode dalam penelitian ini adalah PTK. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi menggunakan lembar observasi dan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah 21 Siswa kelas 1 MI Al-Fahmi Surabaya. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model CTL berbantuan kartu kata secara tatap muka. Kemampuan guru dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar menggunakan model CTL berbantuan kartu kata dengan skor rata-rata pada siklus I yaitu 71,4% dan siklus II yaitu 89,2% yang dikategorikan baik. Pada siklus I skor rata-rata aktivitas peserta didik yakni 64,2%, sedangkan siklus II mendapatkan skor rata-rata 85,7%. Data hasil belajar peserta didi pada siklus I sebesar 71,36% sedangkan pada siklus II mencapai 88,18%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan selama pembelajaran dari siklus I dan siklus II setelah diberi tindakan menggunakan model CTL berbantuan kartu kata mengalami peningkatan keterampilan membaca peserta didik.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).