PENGARUH PROGRAM VIRTUAL JOURNEY TERHADAP SELF-REGULATION FASILITATOR

  • Agus Supriyo Universitas Negeri Yogyakarta
  • Sujarwo Sujarwo Universitas Negeri Yogyakarta
  • Pujiyanti Fauziah Universitas Negeri Yogyakarta
  • Dafid Slamet Setiana Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract

Virtual journey atau yang kerap dikenal dengan virtual tour adalah konsep baru atau simulasi berwisata secara online dengan pemanfaatan teknologi informasi, komunikasi dan pengguanaan media sosial ditengah pandemi, sedangkan Self-Regulation Fasilitator merupakan fasilitas cara belajar peserta mengelola kegiatan individu agar tercapai tujuan tertentu dengan cara pengontrolan perilaku, memotivasi diri sendiri dan menggunakan kognitifnya dalam melakukan tindakan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apakah pengaruh program virtual journey pada fasilitator yang terlibat. Metode penelitian yang digunakan adalah experiental learning dan kualitatif pendekatan fenomenologi. Teknik penelitan yang dilakukan meggunakan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi dengan analisis Tiagulasi data sumber Hasil dari penelian adalah bahwa experiental learning dan pendekatan fenomenologi membuat fasilitator meningkatkan Self Regulationnya.

Published
Aug 13, 2023
How to Cite
SUPRIYO, Agus et al. PENGARUH PROGRAM VIRTUAL JOURNEY TERHADAP SELF-REGULATION FASILITATOR. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 31, n. 4, p. 541-547⁸, aug. 2023. ISSN 2654-3915. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/3173>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v31i4.3173.
Section
Artikel