PENGARUH EFEKTIVITAS KOMUNIKASI DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH MELALUI KEPERCAYAAN PADA NASABAH
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada fenomena perlambatan terhadap kinerja pertumbuhan nasabah prioritas Bank Jatim Cabang Utama Surabaya, maka perlu adanya penelitian mengenai efektivitas komunikasi dan kualitas layanan terhadap loyalitas nasabah melalui kepercayaan pada nasabah prioritas Bank jatim Cabang Utama Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh efektivitas komunikasi dan kualitas layanan terhadap loyalitas nasabah melalui kepercayaan pada nasabah prioritas Bank Jatim Cabang Utama Surabaya..Penelitian ini dilakukan pada nasabah prioritas Bank Jatim Cabang Utama Surabaya. Populasi adalah nasabah prioritas Bank Jatim Cabang Utama Surabaya. Sampel sebanyak 95 orang dengan proporsional random sampling. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan studi pustaka. Data dianalisis menggunakan analisis path menggunakan Smart PLS versi 3 for windows.Simpulan dari penelitian menunjukkan efektivitas komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah, sedangkan kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah. Selanjutnya efektivitas komunikasi melalui kepercayaan tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah dan kualitas layanan melalui kepercayaan tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).