KERUSAKAN JALAN YANG BERIMBAS PADA LINGKUNGAN DAN PENGGUNA (PEMAKAI) JALAN RAYA DILOKASI JALAN VETERAN, HELVETIA, MEDAN
Abstract
Medan adalah kota terbesar ketiga dari Indonesia dan merupakan kota yang berkembang pesat di Provinsi Sumatera Utara. Seiring pertumbuhan penduduk yang meningkat dan juga ekonomi yang juga meningkat, maka mengakibatkan bertambahnya kepadatan lalu lintas karena penduduk akan melakukan perjalanan A ─ T (asal dan tujuan ) dari satu kota ke kota lainnya. Dengan banyaknya industry-industri, plaza (mall), kantor-kantor, maka semakin meningkatnya kendaraan dijalan raya. Adapun penelitian ini adalah mengetahui efek kerusakan jalan yang berimbas pada lingkungan dan pemakai jalan (pengguna jalan) dan ini menjadi responden pada penelitian ini. Kuisioner penelitian ini yang dilaksanakan kepada responden pengguna jalan (pemakai) yang bertujuan mengetahui pandangan responden pengguna jalan dan pelaksanaan kuesioner ini dilaksanakan oleh peneliti. Analisisnya yaitu antara lain : parameter kecelakaan kendaraan dengan hasil skor 4 (sangat berpengaruh ) diperoleh 30%, skor 3 (berpengaruh ), diperoleh 40%, skor 2 (cukup berpengaruh ) diperoleh 20%, tidak berpengaruh (skor 1) sebanyak 10%, Hasil analisis parameter pemakaian bahan bakar diperoleh hasil skor 4 (sangat berpengaruh ) sebanyak 17,5%, skor 3 (berpengaruh ) sebanyak 30%, skor 2 (cukup berpengaruh ) sebanyak 40%, skor 1 (tidak berpengaruh ) sebanyak 12,5%, Hasil analisis parameter kelengkapan rambu lalu lintas diperoleh hasil skor 4 (sangat berpengaruh ) sebanyak 20%, skor 3 (berpengaruh ) sebanyak 25%, skor 2 (cukup berpengaruh ) sebanyak 35%, skor 1 (tidak berpengaruh ) sebanyak 20%, Hasil analisis parameter efektivitas perjalanan diperoleh hasil skor 4 (sangat berpengaruh ) sebanyak 35%, skor 3 (berpengaruh ) sebanyak 45%, skor 2 (cukup berpengaruh ) sebanyak 20%, skor 1 (tidak berpengaruh ) sebanyak 0%, Hasil analisis parameter perlambatan laju kendaraan diperoleh hasil skor 4 (sangat berpengaruh ) sebanyak 27,5%, skor 3 (berpengaruh ) sebanyak 40%, skor 2 (cukup berpengaruh ) sebanyak 20%, skor 1 (tidak berpengaruh ) sebanyak 12,5%, Hasil analisis parameter perawatan kendaraan didapatkan hasil skor 4 (sangat berpengaruh ) sebanyak 30%, skor 3 (berpengaruh ) sebanyak 15%, skor 2 (cukup berpengaruh ) sebanyak 27,5%, skor 1 (tidak berpengaruh ) sebanyak 27,5%, Hasil analisis parameter pencemaraan udara diperoleh hasil skor 4 (sangat berpengaruh ) sebanyak 40%, skor 3 (berpengaruh ) sebanyak 32,5%, skor 2 (cukup berpengaruh ) sebanyak 25%, skor 1 (tidak berpengaruh ) sebanyak 2,5%, Hasil analisis parameter guncangan yang berlebihan diperoleh hasil skor 4 (sangat berpengaruh ) sebanyak 42,5%, skor 3 (berpengaruh ) sebanyak 35%, skor 2 (cukup berpengaruh ) sebanyak 17,5%, skor 1 (tidak berpengaruh ) sebanyak 5%.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).