PENGARUH METODE DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR KELAS IX SEMESTER II DI SMA SWASTA METHODIST 7 MEDAN T.P 2017/2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan metode diskusi terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor kelas IX semester II SMA Methodist 7 Medan T.P 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMA Methodist 7 Medan T.P 2017/2018. Terdiri dari 4 kelas dengan jumlah 160 siswa dan sampel penelitian diambil 2 kelas yaitu XA dan XB dengan cara acak (cluster random sampling) dimana kelas XA sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan metode diskusi dan XB sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan metode ceramah, dan masing – masing kelas terdiri dari 40 orang. Instrumen penelitian ini menggunakan tes pilihan berganda, sebanyak 20 soal yang terdiri dari 5 pilihan yang terlebih dahulu diuji cobakan terhadap siswa diluar sampel, untuk mengetahui validitas, reabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretes untuk kelas eksperimen 57,25 dengan standar deviasi 13,15 dan nilai rata-rata pretes untuk kelas kontrol 55,375 dengan standar deviasi 12,056. Dari hasil uji kesamaan diperoleh thitung = 0,664 dan ttabel = 1,994. Karena thitung < ttabel hal ini menunjukkan kemampuan awal kedua kelas adalah sama. Kemudian diberikan perlakuan untuk kelas eksperimen metode diskusi dan kelas kontrol metode ceramah. Setelah pembelajaran berakhir dilakukan postes diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 75,63 dengan standar deviasi 9,0714 dan nilai rata-rata postes kelas kontrol 68,50 dan standar deviasi 7,860. Hasil uji statistik diperoleh harga thitung = 3,763 dan ttabel = 1,667 dan dk = 78 diperoleh thitung > ttabel, hal ini menunjukkan hipotesis ada pengaruh yang signifikan metode diskusi terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor kelas IX Semester II SMA Methodist 7 Medan T.P 2017/2018.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).