ANALISIS DAMPAK PERILAKU KEUANGAN DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI SAHAM PERUSAHAAN DI BURSA EFEK INDONESIA

  • Johny Budiman Universitas Internasional Batam
  • Jofen Cenedi Jongestu Universitas Internasional Batam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variabel mental accounting, intention to invest, disposition effect, financial literacy dan attitude terhadap investment decision making. Penelitian ini melibatkan sebanyak 289 investor yang melakukan investasi saham pada Bursa Efek Indonesia, Batam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua variabel independen yang diuji menunjukkan hubungan yang signifikan positif kecuali pada variabel disposition effect. Dengan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pelaku investasi di bursa saham dan mejadi pertimbangan bagi investor dalam melakukan investasi pada saham perusahaan.

Published
Jun 28, 2023
How to Cite
BUDIMAN, Johny; JONGESTU, Jofen Cenedi. ANALISIS DAMPAK PERILAKU KEUANGAN DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI SAHAM PERUSAHAAN DI BURSA EFEK INDONESIA. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 31, n. 3, p. 211-217, june 2023. ISSN 2654-3915. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/3429>. Date accessed: 26 june 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v31i3.3429.
Section
Artikel