GAME EDUKASI BAHASA INGGRIS PENGENALAN KONSEP PREPOSITION OF PLACE UNTUK SISWA KELAS 7 SMP NEGERI 1 SLAWI

  • Miqdad Rabbani Rizqulah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Fatah Yasin Al Irsyadi Universitas Muhammadiyah Surakarta

Abstract

Bahasa Inggris merupakan bahasa yang paling banyak digunakn di seluruh dunia sehingga belajar Bahasa Inggris merupakan sesuatu yang sangat penting agar dapat mengikuti arus perkembangan zaman. Pembelajaran Bahasa inggris mengenai preposition of place atau pengenalan penempatan suatu objek yang diajarkan di sekolah kebanyakan masih mengandalkan media cetak dan media digital seperti video sehingga proses pembelajaran dirasa kurang menarik dan interaktif. Game edukasi merupakan salah satu hasil dari pesatnya perkembangan zaman dibidang teknologi yang berrtujuan untuk membantu proses pembelajaran serta meningkatkan keinginan dan ketertarikan siswa untuk belajar Bahasa Inggris. Kemudahan akses terhadap smartphone android juga menjadi salah satu faktor penunjang yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran sebagai platform game edukasi. Game edukasi Bahasa Inggris ini dibuat menggunakan game engine Unity dengan bahasa pemrograman C# dan asset asset dalam game dibuat mengunakan Blender, CorelDraw X7 setra Adobe Photoshop CS6. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara dengan guru terkait di SMP Negeri 1 Slawi mengenai topik materi serta konsep dari game yang dibuat sedangkan metode pembuatan game edukasi Bahasa Inggris ini menggunakan metode GDLC (Game Development Life Cycle). Pengujian menggunakan SUS (System Usability Scale) medapatkan hasil nilai rata-rata 70,3 yang menunjukan bahwa game edukasi sudah berjalan dengan baik dan dapat digunakan sebagai media pendukung pembelajaran Bahasa Inggris.

Published
Oct 31, 2023
How to Cite
RIZQULAH, Miqdad Rabbani; IRSYADI, Fatah Yasin Al. GAME EDUKASI BAHASA INGGRIS PENGENALAN KONSEP PREPOSITION OF PLACE UNTUK SISWA KELAS 7 SMP NEGERI 1 SLAWI. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 31, n. 5, p. 551 - 565, oct. 2023. ISSN 2654-3915. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/3750>. Date accessed: 22 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v31i5.3750.
Section
Artikel